Pantau Arus Lalu Lintas Libur Tahun Baru 2023, Kapolres Simalungun Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat

SIMALUNGUN (mimbarsumut.com) – Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, ikut melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Minggu (1/1/2022)

Seperti rekaman video yang di upload pada media sosial instagram akun @Kapolres_Simalungun ,terekam aksi Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., yang menyeberangkan masyarakat dengan sikap humanis.

“Hari ini kita masih melaksanakan Pengamanan Arus lalu lintas dalam rangka antisipasi lonjakan jumlah kendaraan arus balik libur tahun baru 2023.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut jajaran personel Polres Simalungun tetap memberikan pelayanan terhadap masyarakat, seperti membantu menyeberangkan di jalan, memberikan pentujuk arah perjalanan serta ada juga personel yang telah membantu masyarakat untuk menggantikan ban mobil, juga bamper mobil yang mengalami kerusakan, “ucap AKBP Ronald, ketika dikonfirmasi.

Kapolres menjelaskan bahwa hari ini jajaran Personel Polres Simalungun dengan dibantu BKO Samapta Polda Sumut melaksanakan kegiatan pengamanan arus balik libur tahun baru 2023, terkhusus di daerah pariwisata super prioritas Danau Toba kita menurunkan personel sebanyak 146 orang yang tergabung dari TNI – Polri, Dinas Perhubungan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun.

Volume kendaraan yang melintas di wilayah Parapat dari arah Balige, Tarutung, Toba menuju Kota Pematangsiantar dengan jumlah kendaraan rata-rata 30 sampai dengan 40 kendaraan / menit, atau 150 kendaraan / 5 menit artinya kurang lebih 1500 sampai dengan 1800 per jam yang melintas dari pukul 12.00 WIB sampai pada saat ini.

Untuk itu, kami telah mengantisipasi hal tersebut dengan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, seluruh personel yang terlibat di dalam pengaman operasi ini telah disebar di titik – titik rawan kemacetan untuk membantu memperlancar arus lalu lintas, ” ujar Kapolres Simalungun.

Lebih lanjut AKBP Ronal menjelaskan bahwa untuk pengamanan di dalam Kota Wisata Parapat tersebut personel Polres Simalungun juga telah mendirikan Pos Pengamanan di depan Open Stage Pagoda Parapat.

“Kami sudah menurunkan Satgas Gakkum untuk melaksanakan kegiatan pemantauan di pusat keramaian guna antisiapasi terjadinya tindak kriminal, pungli, dan premanisme selama libur tahun baru 2023 di wilayah Destinasi Pariwisata Super Perioritas Danau Toba.

Tidak hanya itu saja, Satgas Preventif Sat Samapta Polres Simalungun juga melaksanakan Patroli dengan sasaran Objek Wisata dan pusat keramaian serta pelabuhan penyeberangan kapal Simalungun – Samosir dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas serta antisipasi terjadinya tindak kriminal juga laka lantas dan laka danau di perairan Danau Toba.

“Sejak pagi kami dari Kepolisian Resor Simalungun telah melaksanakan pengamanan di Parapat ini, dapat kami jelaskan bahwa situasi pusat keramaian wilayah Parapat, pantai bebas Parapat dan di lapangan Pagoda Open Stage Parapat Kec. Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun mengalami peningkatan dengan Jumlah pengunjung berkisar kurang lebih 3.515 orang.

Untuk situasi pelabuhan yang ada di Wilayah Simalungun seperti pelabuhan Tiga Ras Dolok Pardamean dan Pelabuhan Tiga Raja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun mengalami peningkatan sebanyak 40% dari arus mudik Tahun Baru 2023, antisipasi arus balik Jajaran Personel Polres Simalungun sampai saat ini tetap melaksanakan Pengamanan, “tandas AKBP Ronald.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed