Wakil Bupati Simalungun Hadiri Penutupan PIISU Ke 9 Tahun 2023

RAGAM, SimalungunDibaca 433 Kali

SIMALUNGUN (mimbarsumut.com) – Bupati Simalungun diwakili wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri penutupan Pekan Inovasi dan Infestasi Sumatera Utara ( PIISU) ke 9 tahun 2023 yang berlangsung di halaman Istana Maimun Medan, Jumat ( 26/5/2023).

Kegiatan PIISU yang berlangsung selama tiga hari itu (24-26 Mei 2023) secara resmi di tutup oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu H Faisal Arif Nasution.

Sebelum acara penutupan, wakil Bupati mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya PIISU, karena dengan adanya kegiatan ini terbuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di daerah.

“Ternyata di kegiatan ini telah terjadi penandatangan MoU kontrak kerjasama untuk eksport komoditas pertanian. Kami sangat bersyukur dan bangga, karena salah satu komoditas pertanian yang di eksport itu, produk petani kita yaitu jahe,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap dengan berjalannya eksport ini, ada kepastian untuk petani di Simalungun dalam berbudidaya jahe, dan ada kepastian harganya.

“Karena harga jahe ini sangat fluktuatif sekali pada saat pandemi covid waktu itu, jahe ini harga nya tinggi, lalu anjlok kembali. Dengan kondisi seperti itu, tidak ada kepastian petani untuk berbudidaya,”kata Wakil Bupati.

Untuk itu Kepada PT Toba Barika Borneo dan Ketua UMKM Sumut yang telah piawai dalam urusan eksport, Wakil Bupati berharap agar bekerjasama dengan baik.

“Lakukanlah pembinaan kepada petani, sehingga kita tidak hanya ekport bahannya, tapi kita juga ekport dalam bentuk olahannya,” kata Wakil Bupati.

“Kami, atas nama petani Simalungun menyambut baik ditandatanganinya MoU pada hari ini. Dan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produk pertanian Simalungun sesuai dengan permintaan pasar,” sambung Wakil Bupati.

Selain itu, Wakil Bupati menjelaskan bahwa di Simalungun ada kawasan ekonomi khusus (KEK) Sei Mangkei, yang saat ini terus melakukan pembenahan. Pemkab Simalungun memberikan kemudahan bagi investor yang akan berinvestasi di KEK Sei Mangkei.

Penutupan PIISU itu ditandai dengan pemberian piagam penghargaan dan plakat PIISU kepada 6 pemenang Stand Terbaik, salah satunya Stand Produk Pertanian Simalungun masuk sebagai harapan dua stand terbaik di PIISU Tahun 2023.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed