Kapolres Tanjungbalai Pimpin Apel Cipta Kondisi Operasi Keselamatan Toba 2019

RAGAM, TanjungbalaiDibaca 763 Kali
Sematkan pita operasi

TANJUNGBALAI (MS) – Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai SH SIK memimpin apel gelar pasukan operasi keselamatan Toba 2019 di halaman Mapolres Tanjungbalai, Senin (29/4).

Apel cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan .

Dalam Apel itu Kapolres menegaskan bahwa sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltiblancar).

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib lalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Dalam melaksanakan amanat Undang-undang, polisi lalu lintas memiliki fungsi edukasi, engineering (rekayasa), enforcement (penegakan Hukum), indentifikasi, registrasi pengemudi dan kendaraaan bermotor, pusat K3I (komunikasi, kordinasi, dan kendali serta informasi), serta koordinator kepentingan lainnya memberikan rekomendasi dampak lalu lintas dan Korwaa PPNS,” papar Kapolres.

Irfan juga mengatakan sasaran operasi keselamatan Tahun 2019 diprioritaskan terhadap 7 prioritas pelanggaran lalu lintas antara lain, menggunakan HP saat mengemudi, tidak mengunakan safety belt, menaikan dan menurunkan penumpang di jalan tol, melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraaan di bawah pengaruh alkohol / miras / narkoba, mengemudikan kendaraan di bawah umur, melebihi batas kecepatan maksimal, menggunakan bahu jalan bukan peruntukannya.

Diharapkannya, pelaksanaan operasi keselamatan itu dapat mendorong tercapainya tujuan operasi dalam meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

“Sebelum saya mengakhiri sambutan ini saya akan menyampaikan penekanan dan arahan untuk kordinasi dalam pelaksanaan tugas, selalu bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa, jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas, peningkatan disiplin anggota Polantas dan terwujudnya pelayanan Polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalulintas,” tegas Kapolres.

Apel dihadiri Wakil Walikota Tanjungbalai Drs H Ismail Marpaung, mewakili Dandim 0208/AS Kapten Legim, Danlanal TBA Kapten POM AL M. Damanik, Kajari Tanjungbalai Bram Napitupulu, peserta upacara dari Satuan Pomal, TNI AL, TNI AD, Brimob Polri dan Dishub Pemko Tanjungbalai.

Laporan : Gani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed