Walikota Tanjungbalai Hadiri Rakernas dan Launching Gerakan Indonesia Bersih

Kamis, Februari 21st 2019. | NASIONAL, RAGAM, Tanjungbalai | Dibaca 54 Kali

Rakernas dan lounching Indonesia bersih

TANJUNGBALAI (MS) – Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan launching Gerakan Indonesia Bersih yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR, Basuki dan Wakil Menteri ESDM Archandra. Selain itu hadir juga gubernur, walikota dan bupati se indonesia yang di Auditorium Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (Kamis, 21/2)

Menteri Luhut mengharapkan agar gerakan ini menjadi gerakan yang masif dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak.

“Permasalahan sampah penting untuk diatasi. Sebab sampah berdampak pada kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak,” kata Luhut.

Menteri LHK, Siti Nurbaya, menerangkan bahwa gerakan ini diluncurkan bertepatan dengan HPSN 2019 tanggal 21 Februari 2019 pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih.

Terkait Rakernas Indonesia Bersih, Menteri Siti menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, baik dari kebijakan sektor dan daerah. Tidak kalah penting, melalui Rakernas ini juga diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Menteri Siti melanjutkan, Gerakan Indonesia Bersih dapat diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah. Selain itu, dilakukan juga sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana dan parasarana maupun mendorong partisipasi publik

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial berharap di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 masyarakat semakin sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Harapan saya di HPSN 2019 ini, kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah meningkat serta tidak membuang sampah sembarangan,” ujar

Menurutnya lagi, sampah saat ini masih menjadi salah satu permasalahan di lapangan khususnya di Kota Tanjungbalai, karena masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu, peran aktif bersama di perlukan tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam pengelolaan sampah. Tentunya dalam hal ini Pemerintah Kota Tanjungbalai akan terus melakukan Terobosan dan Langkah-langkah dalam pengolahan sampah di Kota Tanjungbalai dan melibatkan langsung masyarakat tentunya, sebut Wali Kota usai menghadiri Rakernas.

Laporan : Gani

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Walikota Tanjungbalai Hadiri Rakernas dan Launching Gerakan Indonesia Bersih