8.629 KPM Terima Bantuan Sembako PKH dan KKS Kota Tebingtinggi

Jumat, April 10th 2020. | SOSIAL, Tebingtinggi | Dibaca 473 Kali

Para KPM yang mendatangi E – Warung untuk mengambil sembako

TEBINGTINGGI (MS) – Penyaluran Program sembako kepada Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) di Kota Tebingtinggi yang diterima oleh pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang telah terdata di Kemensos sebanyak 8.629 KPM di Kota Tebingtinggi berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur protokoler penganangan Covid 19.

Penyaluran Program sembako bulan April ini dilaksanakan di elektronik warong (E-Warong) yang ada di Lima Kecamatan di Kota Tebingtinggi, Kecamatan Rambutan ada 3 E-Warong, Kecamatan Bajenis ada 3 E-Warong, Kecamatan Padang Hulu ada 2 E-Warong, Kecamatan Padang Hilir ada 2 E- Warong dan Kecamatan Tebingtinggi Kota ada 2 E-Warong.

Dalam penyaluran di bulan April ini KPM menerima bantuan dari Kementrian Sosial RI dengan nominal Rp 200.000 yang diterima oleh pemegang Kartu Kombo (ATM) melalui rekening Bank Himbara yaitu BRI, tetapi KPM tidak bisa menguangkan karena KPM harus berbelanja di E Warong dengan menggunakan mesin EDC.

Kadis Sosial Kota Tebingtinggi M Syah Irwan M.Kes menjelaskan pada saat penyaluran bantuan sembako bulan April ini dengan kondisi Covid 19, Dinas Sosial bersama pedamping melakukan sosialisasi sebelumnya kepada seluruh Pengurus E-Warong yang menyalurkan bantuan kepada masyarakat dimana sesuai dengan juklis penerima harus terpenuhi kebutuhan seperti karbohidrat, nabati, protein dan buah buahan.

“12 E-Warong yang ada di Tebingtinggi saat Covid 19 ini sudah melaksanakan protokoler penganangan Covid 19. Dimana E-Warong memberlakukan Phisical distancing (jarak 1, 5 meter), tidak ada pengumpulan masa, KPM yang datang di himbau menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum transaksi yang disediakan oleh E-Warong,” jelasnya.

Bukan itu saja, petugas E Warong yang melayani transaksi elektronik juga di haruskan menggunakan masker, sarung tangan, membatasi jarak dan menggunakan hand sanitizer serta menyemprot menggunakan Disifektan.

Selain itu, Dinas Sosial Kota Tebingtinggi selain melibatkan pendamping untuk melakukan pengawasan juga menyurati pihak Kepolisian Polres Tebingtinggi dan TNI (Babinkamtibmas dan Babinsa) untuk mengawasi penyaluran yang dimulai tanggal 7-10 April 2020.

“Penyaluran saat ini berjalan lancar dan tidak ada kendala, Kapolsek Babinkamtibmas, Babinsa, Camat, Lurah dan Kepling turut melakukan pengawasan ketat kepada KPM yang melakuan transaksi pada penyaluran tersebut disetiap E Warong,” bilangnya.

Kadis Sosial mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu pengawasan saat penyaluran di E-Warong, petugas dilakukan terus melakukan himbauan agar penyebaran Covid 19 di Kota Tebingtinggi tidak terjadi. “Terima kasih kepada semua elemant yang ikut membantu melakukan pengawasan ketat saat penyaluran bantuan sembako dari Kemensos yang dilakukan setiap bulannya,” jelas Kadis Sosial, Kamis (9/4).

Sedangkan salah seorang keluarga penerima mamfaat, Wak Mila (57) seorang janda warga Kelurahan Lalang Kota Tebingtinggi merasa sangat terbantu dengan cepat Kemensos RI menyalurkan bantuan sembako yang dilaksanakan setiap bulan. Dengan adanya bantuan ini terutama di masa penyebaran Covid 19, warga miskin banyak terbantu.

“Terima kasih atas bantuan sembako dari Pemerintah Indonesia melalui Kemensos RI, karena dimasa Covid 19 ini, masyarakat yang terimbas bisa merasa terbantu,” jelasnya.

Untuk bulan April tahun 2020 ini, bantuan sembako yang didapat oleh masyarakat adalah beras premium dari bulog sebanyak 10 kg, Telur ayam 14 butir, Kacang hijau 1 kg, Teri nasi 1/4 kg, tempe ukuran besar 2 batang, sayur jenis wortel dan jipang 1 kg dan buah pir tiga buah.

Diketahui penyaluran program sembako bulan April tahun 2020 ini dimana KPM mendapatkan Rp 200.000 dan program penambahan ini dimulai bulan Maret lalu akibat wabah Covid 19 dimana sebelumnya KPM dibulan Januari hingga Pebruari 2020 hanya menerima bantuan sembako sebesar Rp 150.000 perbulan.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For 8.629 KPM Terima Bantuan Sembako PKH dan KKS Kota Tebingtinggi