Acara Bona Taon HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli dan Launching Tahun Diakonia Sukses, Penuh Sukacita

Selasa, Januari 22nd 2019. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 1.078 Kali

Panitia mangulosi Walikota dan Muspida

TEBINGTINGGI (MS) – Acara bona taon 2019 HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli yang dirangkai dengan launching Taon Parasirohaon, Selasa (22/1) di HKBP Ressort Kota Baru berlangsung penuh suka cita.

Sebelum kebaktian, jemaat menyambut barisan prosesi Ephorus DR Pdt Darwin Lunbantobing dan inang br Siahaan, Praeses Distrik XIV Tebingtinggi – Deli Pdt Pantun Silitonga STh MSc, Ketua panitia Pahala Sitorus, pelayan full timer se-distrik dan panitia.

Ephorus dan inang disambut dengan pengalungan bunga, pelepasan burung merpati serta pelepasan balon ulaon parasinirohaon dan dilanjutkan pembukaan selubung papan nama Program Kerja Diakonia (Parasinirohaon) HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli.

Dalam papan nama tersebut tertera program kerja Diakonia yakni, mendirikan tanggap bencana (Tabe), membentuk team beasiswa, traning atau pelatihan SDM, gerakan 10 ribu kupon Diakonia dan membangun kantor dan rumah dinas distrik.

Ephorus ulosi ketua panitia

Kebaktian Bona Taon dengan tema ‘Patupa ulaon parasinirohaon tu angka na pogos (Lukas 4 : 16 – 21) dan sub tema nasa na binahenmuna tu angka na memet on, na tu Ahu do i (Mateus 25 : 40) dipimpin Praeses Distrik XIV Tebingtinggi – Deli Pdt Pantun Silitonga.

Dalam khotbahnya, Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing meminta agar jemaat sekarang merubah sikap dan harus semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus karena kerajaan Tuhan sudah semakin dekat. Perubahan sikap itu melalui belas kasihan kepada orang lain.

“Tidak pun bisa membantu orang lain, warga jemaat paling tidak jangan membuat orang lain susah,” ujar Ephorus.

Ulaon parasanirohaan, lanjutnya, yakni membebaskan orang – orang yang menderita dimana mereka benar – benar dikondisikan menderita (dibagas haholomon-red). Tapi kita warga jemaat bukan jadi peminta – minta, tapi harus menjadi berkat bagi orang lain sebagaimana diinginkan Tuhan Yesus. “Semua warga jemaat harus jadi pelaku parasinirohaon (menjadi berkat) bagi dunia,” pinta Pdt Darwin Lumbantobing.

Ketua panitia Pahala Sitorus menyampaikan pelaksanaan Bona Taon HKBP tahun ini begitu luar biasa dan dihadiri ribuan jemaat HKBP serta para ‘orang nomor satu’. Dalam acara ini, juga didoakan para caleg yang mengikuti Pemilu 2019.

Praeses bona taon dilaksanakan setiap tahun di gereja bergiliran yang bertujuan bersyukur atas penyertaan Tuhan dan syukuran mempersiapkan diri untuk melaksanakan taon parasirohaon.

Sekarang ini merupakan tahun politik, HKBP terpanggil mendoakan supaya Pemilu lancar dan para caleg dari jemaat HKBP dapat terpilih serta telah didoakan Ephorus. “Tugas gereja mendoakan para caleg,” tegasnya.

HKBP membantu Pemko dalam membangun spritual jemaat dan Distrik akan membangun rumah praeses yang sudah lama tertunda.

Kalungan bunga

Walikota Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya mengatakan acara ini, begitu hebat, hadir ompui Ephorus Pdt DR Darwin Lumbantobing dan emiritus ompui Pdt WTP Simarmata, Praeses Pantun Silitonga serta para Pendeta Distrik XIV Tebingtinggi – Deli dan para caleg jemaat HKBP.

Pemko menyambut baik kegiatan Bona Taon sekaligus launching Diakonia dengan 5 kegiatan. Program Diakonia ini khususnya pembangunan gedung distrik didukung 126 gereja adalah sesuatu hal yang bisa dicapai.

“Program ini sejalan dengan program pemerintah. Program Tabe sangat baik, harus siap menghadapi, membangun rumah, tahan gempa. Tidak bisa melawan alam tapi harus berteman dengan alam. Tabe yg dilaksanakan adalah hal yang tepat,” jelas Umar Zunaidi.

Praeses Darwin Lumbantobing, mengatakan memberikan perhatian terhadap sesama itulah yang akan diwujudkan jemaat HKBP sebagaimana telah dilaunching sekarang ini merupakan tahun parasirohaon.

Program tahun ini sama dengan tahun lalu. Program kemanusiaan, terpanggil saling membantu, saling menolong tanpa memperhatikan sekat – sekat kegamaan dan sosial. Gereja tahun ini berupaya semaksimal mungking melalui struktur struktur yang ada pada gereja berupaya melakukan taon parasirohaon.

Turut memberikan kata sambutan, Praeses HKBP Distrik XIV Tebingtinggi Pdt Pantun Silitonga, Kapoldasu diwakili Kapolres Tebingtinggi AKBP Sunadi dan emiritus Pdt WTP Simarmata. Acara kegiatan ini diakhir dengan pemberian ulos kepada Walikota, Kapolres, mewakili Kajari, Dandim Letkol Syamsul Arifin, Kadis Pertanian dan Kadis Ketenagakerjaan.

Selain didoakan, para caleg juga diulosi ompui Ephorus HKBP Pdt DR Darwin Lumbantobing.

Laporan : red

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Acara Bona Taon HKBP Distrik XIV Tebingtinggi – Deli dan Launching Tahun Diakonia Sukses, Penuh Sukacita