Debu Gunung Sinabung, Sampai ke Kota Tebingtinggi

Senin, Agustus 10th 2020. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 735 Kali

Debu Gunung Sinabung membuat jarak pandang di Kota Tebingtinggi 500 meter

TEBINGTINGGI (MS) – Abu Gunung Sinabung yang kembali erupsi, Senin (10/8), sampai ke Kota Tebingtinggi. Kondisi udara Kota Tebingtinggi tampak kotor dan jarak pandang hanya 500 meter akibat ditutupi abu.

Sebagaimana dikabarkan, Gunung Sinabung kembali erupsi dengan tinggi kolam abu teramati kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut.

Melihat gumpalan dan ketinggian abu Gunung Sinabung, sekira pukul 14.00, kondisi Kota Tebingtinggi sudah diselimuti debu. Di kenderaan yang terparkir, jelas terlihat abu dari Gunung Sinabung menempel di kaca dan warna mobil dari hitam berubah seperti putih.

Kenderaan yang terparkir di Balai Kota Tebingtinggi dihiasi debu Gunung Sinabung

Menyikapi kondisi Kota Tebingtinggi yang dipenuhi abu, Kadis Kesehatan dr H Nanang Aulia Fitra Sp. PK kepada Mimbar Sumut menghimbau agar warga masyarakat tetap memakai masker baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Selain itu, mengurangi aktivitas di luar rumah dan tetap menjaga imun kekebalan tubuh. Selama debu Gunung Sinabung masih ada, sebaik jangan berolahraga di luar rumah dan tetap menjaga kesehatan.

Melihat semakin banyak debu Gunung Sinabung di Kota Tebingtinggi, Pemko Tebingtinggi melalui instansi terkait melakukan penyemprotan dengan memakai mobil pemadam kebakaran (Damkar).

Debu Gunung Sinabung juga sudah masuk sampai ke rumah warga, terasa di lantai dan meja, debu sudah menebal bahkan terasa kasar seperti pasir halus. Warga terpaksa bersih – bersih hingga malam hari.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Debu Gunung Sinabung, Sampai ke Kota Tebingtinggi