Hadapi Pemilu 2024, KPU Siapkan Aplikasi Tahapan Pemilu

Senin, Desember 27th 2021. | PENDIDIKAN, POLITIK, Tebingtinggi | Dibaca 3.073 Kali

Kordiv Parmas KPU Tebingtinggi, H Emil Sofyan saat menjadi narasumber diacara Pendidikan politik di DPC Hanura, Senin (27/12/2021) di Jalan Dr Kumpulan Pane.

TEBINGTINGGI (MS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang berbenah diri dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 dengan membuat 3 aplikasi pada tahapan pemilu.

“Ada tiga aplikasi yang nantinya digunakan untuk mempermudah pelaksanaan Pemilu di lapangan,” kata Kordiv Parmas KPU Tebingtinggi, H Emil Sofyan saat menjadi narasumber pada acara pendidikan politi DPC Hanura, Senin (27/12/2021) di Jalan Kumpulan Pane.

Disebutkan, tiga aplikasi yang sedang dipersiapkan yakni untuk tahapan data pemilih, pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil pemilu.

“Aplikasi yang akan dipakai bisa diakses oleh partai politik dan masyarakat,” jelasnya.

Untuk data pemilih di Tebingtinggi, dikatakan Emil, ada mengalami penurunan dari 117 ribu menjadi 113 ribu pemilih yang disebabkan terjadinya perpindahan penduduk dan meninggal dunia.

“Ada penurunan data pemilih. KPU Tebingtinggi terus melakukan pembenahan dengan mendata bagi pemilih pemula,” ucapnya.

Emil juga berharap, partai politik memberikan peran aktif dalam membenahi data pemilih sehingga tercapainya target partisipasi pada Pemilu.

“Keberhasilan pemilu terlihat dari tingkat partisipasi masyarakat,” tegasnya sembari menginforkasikan bahwa ada rencana jumlah dapil (daerah pemilihan) untuk Kota Tebingtinggi berubah.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For Hadapi Pemilu 2024, KPU Siapkan Aplikasi Tahapan Pemilu