Kemenag Gelar Sosialisasi PPKM Tahap II, Vaksin Tiba Di Tebingtinggi 5 Februari 2021

Rabu, Februari 3rd 2021. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 428 Kali

Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan saat memberikan paparan

TEBINGTINGGI (MS) – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tebingtinggi menggelar sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II, Selasa (2/2) di Gedung Balai Kartini Jalan Gunung Leuser Tebingtinggi.

Hadir sebagai narasumber, Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Toto Triyanto, Waka Polres Tebingtinggi Kompol Sarponi, Kajari Mustaqpirin, Kakan Kemenag Kota Tebingtinggi Zul Sukri Mangandar Limbong dan Kadis Kesehatan Tebingtinggi dr. H Nanang Fitra Aulia.

Kakan Kemenag Zul Sukri Mangandar Limbong dalam sambutannya berharap kepada tokoh agama dan masyarakat Kota Tebingtinggi dapat pencerahan mengenai COVID-19, dan mendapatkan informasi mengenai perkembangan situasi COVID-19 di Kota Tebingtinggi.

Dalam materinya Kakan Kemenag menyampaikan bahwa instruksi Menteri Agama dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19 dimasa pandemi, agar Kemenag menjadi teladan protokol kesehatan, turun ke tengah masyarakat, melibatkan organisasi keagamaan, pembatasan bagi ASN Kemanag dan melibatkan tokoh agama melalui media, paparnya.

Sementara itu Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, dalam paparannya menyampaikan, secara mendunia dan global COVID-19 sudah menjangkit 100 juta orang lebih. Di Kota Tebingtinggi mulai bulan Juni sampai Pebruari ini ada 331 orang yang terjangkit COVID-19. Untuk penekanan kasus tersebut maka dilaksanakan PPKM ini.

Umar Zunaidi mengungkapkan, Kota Medan sudah menolak pasien COVID-19 dikarenakan Rumah Sakit di sana sudah penuh. “Tadi malam saya mengecek di Rumah Sakit Pamela Kota Tebingtinggi, disana terdapat 21 orang yang dirawat,” ujar Walikota.

Terkait vaksin, Walikota menjelaskan, vaksin tersebut datangnya pertahap dan tidak semua orang divaksinansi. Dan tahapan harus bisa melewati screening atau riwayat penyakit.

Untuk itu, kita himbau kepada masyarakat agar tidak berkerumun di tengah pandemi COVID-19 dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita menghimbau kepada para tokoh agama, masyarakat dan para perwiritan di Kota Tebingtinggi, untuk dapat mengingatkan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,” harap Walikota.

Senada dengan Walikota, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Triyanto dan Waka Polres Kompol Sarponi dalam paparannya juga menjelaskan bahwa, TNI/Polri sudah menghimbau ke masyarakat untuk menggunakan masker saat berpergian dan dimana pun, serta menghimbau agar menerapkan protokol kesehatan. Tetapi masyarakat juga belum sadar dan masih ada juga yang belum menggunakan masker.

Kajari Tebingtinggi Mustaqpirin juga dalam materinya menyampaikan, Kejari Tebingtinggi tetap bersinergi dengan Pemko dalam hal penanganan COVID-19. Langkah yang telah diambil yaitu, deteksi dini, updating data, sosialisasi, pengawasan dan pemantauan serta program berhasil, ujarnya.

Kadis Kesehatan dr. Nanang Fitra Aulia dalam materinya melaporkan bahwa, dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kota Tebingtinggi, Dinas Kesehatan sudah memfasilitasi sarana pasien COVID-19 di 4 Rumah Sakit yakni, RS Pamela, RS Bhayangkara, RS Kumpulan Pane dan RS Chevani.

Kasus COVID-19 di Tebingtinggi saat ini terkonfirmasi positif berjumlah 30 orang, meninggal 15 orang, sembuh 286 orang.

Kedatangan vaksin di Kota Tebingtinggi 5 Pebruari dan akan melaksanakan vaksinasi 8 Februari 2021 di Kota Tebingtinggi, bertujuan untuk menurunkan kesakitan dan kematian akbiat COVID-19.

Selain itu, mencapai kekebalan kelompok untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem secara menyeluruh serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Vaksinasi tahap pertama akan dilakukan kepada pejabat, tokoh agama, masyarakat sebanyak 40 orang. Tenaga Kesehatan (Dinkes, Puskemas, RSUD Kumpulan Pane, RS Bhayangkara, RS Sri Pamela) sebanyak 1.319 orang,” jelas Nanang.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Kemenag Gelar Sosialisasi PPKM Tahap II, Vaksin Tiba Di Tebingtinggi 5 Februari 2021