Kesadaran Minim, Sat Binmas Polres Tebingtinggi Himbau Warga Patuhi Prokes COVID-19

Minggu, Agustus 1st 2021. | Kesehatan, Tebingtinggi | Dibaca 415 Kali

Sat Binmas Polres Tebingtinggi himbau masyarakat di pasar tradisional patuhi Prokes COVID-19 dengan menerapkan 5 M

TEBINGTINGGI (MS) – Meningkatnya warga yang terpapar COVID-19 akibat kurangnya kesadaran masyarakat mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan), membuat Sat Binmas Polres Tebingtinggi turun melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Untuk mencegah semakin banyak warga terpapar COVID-19, kita harus melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi Prokes COVID-19. Setiap hari kita melakukan himbauan, “ujar Kasat Binmas Polres Tebingtinggi melalui Kasubbag Humas Iptu Agus Arianto, Minggu (01/08/2021).

Disebutkan, sasaran tempat himbauan adalah tempat masyarakat berkumpul atau lokasi keramaian seperti di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi, Jalan Sutomo dan Pasar Gambir serta pasar tradisional lainnya yang ada di Kota Tebingtinggi.

“Kita sangat mengharapkan masyarakat Kota Tebingtinggi benar – benar memiliki kesadaran untuk tetap mematuhi Prokes COVID-19 dengan menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) setiap hari, ” sebut Iptu Agus Arianto.

Diakuinya, kesadaran masyarakat masih minim mematuhi Prokes COVID-19 dengan menerapkan 5M. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah masyarakat Kota Tebingtinggi yang terpapar COVID-19. Saat melakukan himbauan juga, masih banyak masyarakat ditemui yang tidak mematuhi Prokes COVID-19 khususnya di Pasar tradisional banyak yang tidak memakai masker.

Pantauan mimbarsumut.com, di beberapa pasar tradisional di Kota Tebingtinggi, kesadaran masyarakat masih minim khususnya untuk memakai masker.

Jika ada yang memakai masker, namun sangat disayangkan cara memakainya tidak benar, hanya menutupi mulut sementara hidung tetap terbuka. Ada juga pakai masker, namun sama sekali tidak menutupi mulut dan hidung hanya dipasang di bawah mulut.

Selain itu, kondisi masker yang dipakai sudah tidak layak, kotor dan kusam. Mereka membawa atau memakai masker hanya berjaga – jaga jika sewaktu – waktu petugas datang melakukan razia.

Ini artinya, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri masih minim. Sementara, untuk memutus penyebaran COVID-19 ini, hanya melalui kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes COVID-19.

Hingga Minggu (01/08/2021) jumlah warga Kota Tebingtinggi yang terkonfirmasi terpapar COVID-19 berjumlah 54 orang, meninggal dunia 60 orang dan sembuh 826 orang.

Laporan :napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: ,

Related For Kesadaran Minim, Sat Binmas Polres Tebingtinggi Himbau Warga Patuhi Prokes COVID-19