Komunitas Akses Tenggerkan Ayam Tertawa di Kota Tebingtinggi

Minggu, Desember 9th 2018. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 711 Kali

 

Beberapa ekor ayam ketawa dipamerkan / ditenggerkan di depan Kedai Kopang Tebingtinggi, Minggu (9/12). (Foto : MS /rn)

TEBINGTINGGI (MS) – Komunitas Ayam Ketawa Khas Indonesia (AKSES) memperkenalkan dan mempertunjukkan beberapa ekor ayam yang memiliki suara tertawa bukan berkokok seperti ayam jantan umumnya.

Salah seorang anggota Akses, Ridho warga Kisaran kepada mimbarsumut online, Minggu (9/12) di lokasi pertunjukan Kedai Kopang Jalan Sutomo Kota Tebingtinggi mengungkapkan komunitas Akses ingin mengajak warga Kota Tebingtinggi untuk ikut melestarikan ayam ketawa khas Indonesia.

Diakuinya, ayam ketawa ini belum begitu falimier di tengah – tengah masyarakat baik di Kota Tebingtinggi maupun di daerah lainnya. Oleh sebab itu, Akses mengajak warga yang berminat untuk ikut dalam komunitas dan melestarikan ayam ketawa.

Ayam ketawa khas Indonesia itu lanjut Ridho berasal dari Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) salah satu kabupaten di utara Kota Makassar.

Warga yang ingin ikut bergabung dalam Akses, bisa membeli ayam yang sudah mengeluarkan suara ketawa seharga Rp 1 juta (jantan dan betina) sementara anaknya dijual seharga Rp 1,5 juta (jantan dan betina). “Akses berupaya mengembangbiakkan ayam tersebut sehingga masyarakat mudah mendapatkannya dan tidak harus didatangkan dari Makkasar.

Komunitas ayam ketawa ini, ke depan akan melakukan kontes dengan penilaian suara ketawa ayam terbaik dan bulu ayam yang menarik. Selain untuk melakukan kontes ayam ketawa, Akses juga mengutamakan silaturahmi sesama pencinta dan pelestari ayam ketawa, jelasnya. (rn)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Komunitas Akses Tenggerkan Ayam Tertawa di Kota Tebingtinggi