LAN Tebingtinggi Ikuti ToT Relawan Anti Narkoba

Sabtu, Desember 14th 2019. | Narkoba, RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 970 Kali

LAN Tebingtinggi diabadikan saat mengikuti ToT di Sumut

TEBINGTINGGI (MS) – DPC Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kota Tebingtinggi, mengikuti Traning Of Trainer (ToT), yang dilaksanakan DPD LAN Sumut serta BNNP Sumatera Utara, di Gedung PPNI Sumut Jalan Asrama Medan, Jumat dan Sabtu (13-14/12/2019).

Kegiatan ToT ini, diikuti relawan anti narkotika se – Sumut. DPC LAN Kota Tebingtinggi mengirim sepuluh anggotanya, dipimpin langsung Ketua Fachri Taufik Hidayat Simangunsong SE.

Acara pembukaan dihadiri Perwakilan dari BNNP Sumut, Ketua LAN Sumut Muhajar Koto, Ketua Penasehat LAN SUMUT Dr. H. Rahmad Shah, serta peserta LAN masing-masing DPC se-Sumatera Utara.

Ketua LAN Tebingtinggi Fahri Taufik Hidayat Simangunsong, mengatakan dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan anggota LAN Tebingtinggi dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang narkoba dan pencegahan maupun pemberantasannya.

Sebagai penggiat anti narkoba setidaknya harus dapat memahami dari tujuan LAN itu sendiri, sehingga dapat bersinergi dengan tujuan pemerintah dalam pemberantasan narkoba, ujar Taufik.

BNNP Sumut diwakili bidang penyuluhan Karjono mengatakan bahwa peredaran narkoba di Sumut saat ini peringkat ke 2 terbesar se Indonesia, setelah Provinsi DKI Jakarta.

Pada hal, sejak 2008 peredaran narkoba di Sumut sudah mulai menurun, namun jumlah pengguna saat ini masih sangat banyak.

Karjono juga mengatakan peredaran narkoba sangat sulit untuk dibendung, hal ini dikarenakan selain panjangnya garis pantai dan banyaknya pelabuhan kecil, juga masih banyaknya pengguna narkoba di Indonesia khususnya di Sumut sehingga bisnis narkoba dianggap sangat menguntungkan di Indonesia.

Oleh karena itu, keberadaan LAN dapat membantu dalam mencegah peredaran narkoba dan mempersempit ruang gerak peredarannya.

Sedangkan Ketua LAN Sumut Muhajar Koto, mengatakan ada tiga tahap yang bisa dilakukan dari yang paling bawah, menengah hingga yang paling tinggi untuk dilakukan, untuk yang paling mudah adalah setidak-tidaknya anggota LAN tidak menggunakan narkoba, selanjutnya yang menengah adalah anggota LAN dapat mengajak orang disekitar untuk tidak menggunakan narkoba dan yang terakhir yang paling tinggi anggota LAN bisa menyadarkan dan mencagah peredaran narkoba.

Sementara Itu Ketua Penasehat DPD LAN Sumut DR. H. Rahmad Shah, mengatakan salah satu pencegahan peredaran narkoba pada generasi muda adalah dengan kegiatan positif yang dapat dilakukan sesuai dengan apa yang diminati secara otomatis generasi pemuda dapat terhindar dari narkoba, karena dampak narkoba sangat merugikan, tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga keluarga dan orang-orang disekitar.

Laporan : SS

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For LAN Tebingtinggi Ikuti ToT Relawan Anti Narkoba