LIRA Tebingtinggi : Respon BPK RI Perwakilan Sumut Cepat, Kejari Tidak Atensi

Jumat, September 10th 2021. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 751 Kali

Wali Kota DPD LIRA Kota Tebingtinggi Ratama Saragih

TEBINGTINGGI (MS) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sumatera Utara sangat respons terkait surat tembusan DPD LSM LIRA Tebingtinggi nomor. 119-IV/AU/DPD-LIRA/2021, tanggal 27 Agustus 2021 perihal laporan dan audit ulang yang sebenarnya ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tebingtinggi.

Demikian disampaikan Wali Kota DPD LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kota Tebingtinggi Ratama Saragih kepada mimbarsumut.com, Jumat (10/09/2021).

Surat BPK RI Perwakilan Sumatera Utara bernomor 416/S/XVII.MDN/09/2021 tanggal 3 September 2021 menjelaskan 3 poin penting yang pada prinsipnya kesiapan BPK RI jika diperlukan dan diminta oleh instansi yang berwenang untuk melakukan penyelidikan / dan atau penyidikan terkait tindak pidana dengan menyediakan dokumen pendukung dalam rangka penghitungan kerugian negara sebagaimana dijelaskan dalam pasal 15 ayat 1 dan ayat 3 Peraturan BPK. nomor.11 Tahun 2020 tentang Pemeriksaan Investigativ, Perhitungan Kerugian Negara/Daerah.

Selain dari pada itu, ujar Responder BPK RI ini, bahwa berdasarkan pasal 827 dan pasal 833 peraturan BPK nomor. 1 Tahun 2019 tentang organisasi dan tata kerja pelaksana BPK dinyatakan bahwa kewenangan untuk melaksanakan pemeriksaan investigativ atas pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, perhitungan kerugian negara/daerah serta pemberian keterangan ahli dilaksanakan oleh Auditor Utama Investigasi (AUI) di Jakarta.

Koordinator Kedan OMBUDSMAN RI ini sangat heran melihat kinerja Kejaksaan Negeri Kota Tebingtinggi, dimana dari sisi pelayanan publik dalam hal menjawab surat saja sudah berlarut – larut, pada hal BPK RI Perwakilan Sumatera Utara dengan cepat merespon surat tembusan LSM LIRA Kota Tebingtinggi.

Sebelumnya DPD LSM LIRA Tebingtinggi
ada menyampaikan surat kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tebingtinggi sebagaimana surat nomor. 119-IV/AU/DPD-LIRA/2021 tanggal 27 Agustus 2021 perihal Laporan dan meminta audit ulang penggunaan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) Penanganan COVID-19 di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebingtinggi tahun anggaran 2020 karena ada indikasi kerugian negara yang lebih besar lagi jika di lakukan pemeriksaan Investigativ oleh BPK RI.

Selain ditemukan adanya kegiatan fiktif, hasil uji petik LHP BPK RI Tahun Anggaran 2020 Kota Tebingtinggi yang diduga masih meninggalkan kerugian yang lebih besar.

Dari awal LSM LIRA Kota Tebingtinggi sudah mengingatkan kepada Bapak Sundoro Adi Kajari Tebingtinggi bahwa banyak Pekerjaan Rumah yang harus segera ditindak lanjuti tandasnya.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For LIRA Tebingtinggi : Respon BPK RI Perwakilan Sumut Cepat, Kejari Tidak Atensi