LSM PAKAR Kota Tebingtinggi Laporkan Proyek Pemko Disinyalir Bermasalah

Rabu, Mei 19th 2021. | HUKUM - KRIMINAL, Koruptor, Tebingtinggi | Dibaca 1,514 Kali

Ruben Sembiring

TEBINGTINGGI (MS) – Pengamatan LSM PAKAR Kota Tebingtinggi terhadap pelaksanaan proyek APBD Kota Tebingtinggi TA 2020 dan TA 2021, terindikasi banyak bermasalah dan terjadinya penyimpangan yang mengarah keranah tindak pidana korupsi.

“Proyek-proyek itu tersebar di beberapa dinas di Pemko Tebingtinggi dan LSM PAKAR akan membuat pelaporan ke Poldasu dan Kejatisu”, kata Ruben Sembiring selaku Ketua LSM Pakar Kota Tebingtinggi, Rabu (11/5/21) melalui HP selulernya kepada mimbarsumut.com.

Adapun yang menjadi sorotan LSM PAKAR antara lain proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kesehatan, BNPB dan Dinas Pendidikan.

Ruben menjelaskan, pada tahun anggaran  2020 ada proyek drainase dan rehabilatasi jalan yang diduga bermasalah, baik itu dari sisi anggaran maupun pekerjaannya.

“Dugaan kita kuat kalau anggaran yang begitu besar tidak sesuai dengan yang dikerjaan. Seolah – olah seperti dimark up. Begitu juga di dinas lainnya, yakni pembangunan puskemas, pembuatan bronjongan dan rehabilitasi bangunan gedung sekolah ,” ujarnya.

Apalagi pekerjaan yang telah ditender oleh Dinas PUPR di LPSE Kota Tebingtinggi pada akhir tahun anggaran 2020 untuk anggaran tahun 2021 berjumlah 22 paket. Terlihat sangat kentara sekali, terkesan terburu-buru dan seolah-olah pemenangnya memang sudah diarahkan pada seseorang. Dimana pelaksanaan tender tersebut dengan menggunakan standar harga tahun 2020, sedang di tahun 2021 ada kenaikan harga bahan bangunan.

Dari 22 paket itu terdiri dari 2 paket untuk pemeliharaan dan rehabilitasi saluran drainase dengan total anggaran Rp 3,4 M.

Sedang untuk pengaspalan jalan ada 16 paket dengan total anggaran Rp 26, 299 M, pembangunan kantor lurah ada 2 paket dengan total Rp 4,5 M. Kemudian 1 paket lanjutan pembangunan Mesjid Agung dengan biaya Rp 1,5 M dan pembangunan turap atau bronjong sebesar Rp 3,5 M.

Kita akan laporkan proyek-proyek ini, yang
terindikasi banyak bermasalah dan terjadinya penyimpangan yang mengarah keranah tindak pidana korupsi dan banyak keluhan di masyarakat, tegas Ruben.

Kenapa LSM Pakar lapor ke Poldasu atau Kejatisu ? Dengan ringan dan singkat Ruben menjawab, maklumlah lingkaran ? tanpa kejelasan entah apa maksudnya.

Laporan : red

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For LSM PAKAR Kota Tebingtinggi Laporkan Proyek Pemko Disinyalir Bermasalah