PDAM Tirta Bulian ‘Sakit’ Pompa Produksi dan Distribusi Harus ‘Diremajakan’

Selasa, April 14th 2020. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 842 Kali

Pahala Sitorus bersama Dirut PDAM Tirta Bulian Khoiruddin dan Kasubbag Perencanaan Tehnik Hadi Sucipto saat melihat kondisi pompa yang tidak maksimal

TEBINGTINGGI (MS) – Menyelesaikan masalah air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)  Tirta Bulian Kota Tebingtinggi, bukan segampang membalikkan telapak tangan.

Banyak yang harus dibenahi untuk menyikapi keluhan masyarakat. Saat ini masyarakat meminta agar air PDAM Tirta Bulian tetap lancar, jangan mati serta jangan keruh, bau dan berlumpur.

Menyikapi masalah PDAM Tirta Bulian itu, tokoh masyarakat Tebingtinggi Pahala Sitorus, Selasa (15/4) mengatakan bahwa hasil temuan di lapangan, ternyata selama ini hanya memperbaiki kerusakan bukan memperbaiki penyebab kerusakan.

“Itulah sebabnya performa pompa produksi dan distribusi yang dimiliki PDAM Tirta Tebingtinggi tidak maksimal, ” tegas Pahala sembari mengatakan ‘penyakit’ itu merupakan peninggalan zaman lalu.

Oleh sebab itu, supaya produksi dan distribusi PDAM Tirta Bulian minimal dapat seimbang, harus dilakukan peremajaan pompa distribusi dan produksi yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan.

Jumlah pompa produksi dan distribusi juga saat ini kurang dan yang berfungsi sekarang ini juga tidak maksimal. Masalah ini masih harus dibahas bersama Pemko Tebingtinggi sebab untuk program pengadaan pompa ini merupakan ranah PUPR, papar Pahala.

Sementara Dirut PDAM Tirta Bulian Khoiruddin didampingi Hadi Sucipto Kasubbag Perencanaan dan Tehnik mengakui kondisi PDAM Tirta Bulian saat ini tidak lancar, air keruh dan macet.

“Kondisi pompa produksi dan distribusi PDAM Tirta Bulian saat ini tidak maksimal. Seyogianya ada 5 pompa yang dipakai, namun saat ini hanya 3 karena 2 pompa dalam keadaan rusak, ” jelasnya.

Pahala Sitorus bersama Dirut PDAM Tirta Bulian dan Kasubbag Perencanaan Tehnik Hadi Sucipto melihat sumber air PDAM

Dua unit pompa yang dipakai saat ini, hasilnya juga tidak maksimal hanya 50 porsen. Kondisi ini yang membuat air PDAM Tirta Bulian tidak lancar.

Kendatipun demikian, Khoiruddin berjanji akan melakukan semaksimalnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Terkait kondisi air yang berlumpur dan keruh, Dirut PDAM Tirta Bulian ini mengatakan untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya, Sabtu malam akan melakukan pencucian ulang pipa untuk daerah Kota, BP7 dan Gatot Subroto.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , ,

Related For PDAM Tirta Bulian ‘Sakit’ Pompa Produksi dan Distribusi Harus ‘Diremajakan’