Pemko Tebingtinggi Kejar Target, Akhir Desember 2021 Seluruh Masyarakat Sudah Divaksin dan Tetap Patuhi Prokes COVID-19

Minggu, November 21st 2021. | Kesehatan, RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 181 Kali

Kapolres Tebingtinggi AKBP Kunto Wibisono saat memonitoring giat vaksinasi door to door bagi Lansia di Kec. Rambutan Kota Tebingtinggi – Sumut

Dalam penanganan COVID-19, Kota Tebingtinggi Propinsi Sumatera Utara sudah sempat mendapat lebel 1 PPKM mirkro, turun dari level 3. Namun saat ini, kembali naik menjadi level 2 akibat masih ditemukan warga Kota Tebingtinggi meninggal dunia akibat COVID-19. Kendatipun demikian, Pemko Tebingtinggi bersama Polres, Koramil 13 Tebingtinggi, Kejaksaan dan berbagai instansi terkait dan elemen masyarakat, saat ini berusaha memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tebingtinggi dengan melakukan sosialisasi Prokes COVID-19 dan serbuan vaksinasi setiap hari di berbagai lokasi.

Sejak COVID-19 masuk ke Indonesia, jajaran Polri menjadi ujung tombak untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah – tengah masyarakat. Tanpa merasa takut dan khawatir terpapar virus corona, seluruh jajaran Polri dengan ujung tombaknya Bhabinkamtibmas di desa atau kelurahan, tanpa pantang menyerah, tetap melakukan sosialisasi bahaya virus corona di tengah – tengah masyarakat.

Khusus di jajaran Polres Tebingtinggi yang memiliki 7 wilayah hukum Polsek (Polsek Padang Hulu, Polsek Padang Hilir, Polsek Tebingtinggi, Polsek Rambutan, Polsek Bandar Khalifah, Polsek Sipispis dan Polsek Dolok Merawan) sejak virus corona merebak masuk ke Kota Tebingtinggi, langsung tanggap melakukan sosialisasi di tengah – tengah masyarakat agar tidak terpapar virus corona.

Jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Tebingtinggi, hingga saat ini tidak pernah kendor melakukan operasi yustisi penegakan disiplin Prokes COVID-19 dengan penerapan 5M dan mensosialisasikan pentingnya vaksinasi. Dalam setiap giat Ops Yustisi penegakan disiplin Prokes COVID-19, masih saja ada warga yang tidak patuh, melakukan aktivitas di luar rumah tanpa memakai masker. Masyarakat yang terjaring tidak memakai masker, oleh petugas secara humanis memberikan peringatan bahkan ada yang harus mendapat sangsi antara lain push up, menyampaikan isi Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Petugas juga tidak pernah bosan – bosan mengedukasi warga agar mematuhi Prokes COVID-19. Petugas senantiasa meminta warga masyarakat memakai masker supaya jangan terpapar virus corona. Petugas tidak pernah berhenti melakukan sosialisasi bahaya virus corona di tengah – tengah masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona dan masyarakat tidak terpapar.

Terkait pelaksanaan vaksinasi, jajaran Polres Tebingtinggi juga sangat getol menggelar vaksinasi setiap hari di berbagai tempat agar target seluruh masyarakat Kota Tebingtinggi tervaksinasi hingga akhir Desember 2021. Selain jajaran Polres Tebingtinggi, Pemerintah Kota, TNI (Kodim) melalui Koramil 13 Tebingtinggi, Kejaksaan, MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Tebingtinggi, INTI (Indonesia Tionghoa) dan instansi lainnya serta elemen masyarakat sampai saat ini, tidak pernah kendor melakukan sosialisasi Prokes COVID-19 dan vaksinasi.

Hampir setiap hari vaksinasi massal digelar di Kota Tebingtinggi, mulai dari Puskesmas, Polsek, Koramil, pusat perbelajaan, pasar tradisonil, gedung sekolah SMA dan SMP serta kantor instansi pemerintah maupun swasta. Sasaran vaksinasi, mulai dari pelajar yang sudah berumur 12 tahun, Lansia dan masyarakat umum.

Selain itu, Polres Tebingtinggi melalui Polsek bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas – Puslesmas dan Satgas COVID-19 di setiap kelurahan melakukan vaksinasi door to door untuk menyisir masyarakat yang belum mendapat vaksinasi. Hebatnya lagi, mantan Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso memberikan door prize berupa beras 10 Kg bagi Lansia berumur 60 tahun keatas yang ikut vaksinasi. Pemberian door prize 10 Kg beras ini dilakukan mengingat Lansia yang ada di Kota Tebingtinggi, belum begitu antusias untuk mengikuti vaksinasi.

Pelajar di Kota Tebingtinggi antusias mengikuti vaksinasi bahkan telah melebihi yang ditargetkan

Memang, dibebera tempat ada juga warga yang begitu antusias mengikuti vaksinasi seperti peserta didik baik SMP maupun SMA setiap ada kegiatan vaksinasi, mereka begitu antusias mengikutinya. Namun, dilain pihak, masih banyak masyarakat Kota Tebingtinggi yang ‘cuek’ terhadap kegiatan vaksinasi. Ada yang merasa takut dan ada yang sama sekali tidak peduli terhadap program pemerintah untuk memberikan suntikan vaksinasi terhadap masyarakat.

Menyikapi masih adanya masyarakat tidak perduli terhadap program vaksinasi pemerintah, Polres Tebingtinggi bekerjasama dengan Dinas Kominfo Pemko Tebingtinggi, kembali turun ke tengah – tengah masyarakat mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan penegakan disiplin Prokes COVID-19. Polres dan Dinas Kominfo setiap hari mengayo – ayokan masyarakat agar mendatangi tempat vaksinasi dan selalu mengimbau masyarakat supaya tetap mematuhi Prokes COVID-19 dengan menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi bonilitas).

“Kita tidak pernah bosan menggugah masyarakat agar memiliki kesadaran akan pentingnya Prokes COVID-19 dan vaksinasi. Kedua program pemerintah yang berkesinambungan ini harus diikuti masyarakat sehingga Kota Tebingtinggi bebas dari COVID-19. Prokes COVID-19 merupakan cara ampuh memutus mata rantai penyebaran virus dan vaksinasi akan memberikan herd immunity (kekebalan tubuh) bagi masyatakat yang mendapat suntik vaksin,” jelas Kadis Kominfo Pemko Tebingtinggi Dedi P Siagian.

Disebutkannya, saat ini Pemko, Polres, Koramil, dinas terkait dan elemen masyarakat lainnya yang ada di Kota Tebingtinggi, sama – sama berangkulan mengejar target agar seluruh masyarakat Kota Tebingtinggi yang memenuhi syarat untuk divaksin, dapat tervaksinasi seluruhnya sampai akhir bulan Desember 2021. “Sangat diharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Kota Tebingtinggi untuk sama – sama menghentikan penyebaran virus corona dengan cara tetap mematuhi Prokes COVID-19 dan ikut vaksinasi.

Plt Kadis Kesehatan Kota Tebingtinggi yang juga Jubir COVID-19, dr Henny Astuti mengatakan dari 133.616 total sasaran vaksinasi masyarakat Kota Tebingtinggi, yang sudah dosis I sebanyak 80.668 orang dan dosis II sebanyak 52.765 orang.
Dari jumlah terget vaksinasi itu, sebanyak 13.966 merupakan Lansia dan yang sudah divaksinasi dosis I sebanyak 5.946 orang dan dosis II sebanyak 4.516 orang. Sedangkan target vaksinasi pelajar ada sebanyak 16.666 orang dan yang sudah divaksin dosis I, melebihi target yakni sebanyak 18.774 orang serta dosis II sebanyak 7.513 orang.

“Sepanjang masih ada stok vaksin, kita akan terus menggelar vaksinasi massal dan kita akan berusaha hingga akhir bulan Desember 2021 seluruh masyarakat Kota Tebingtinggi sudah harus mendapat suntikan vaksin. “Jika masyarakat sesuai target sudah tervaksinasi dosis I dan II serta tetap mematuhi Prokes COVID-19 dengan penuh kesadaran, maka virus corona di Kota Tebingtinggi akan dapat dihentikan, ” jelas Jubir COVID-19 Kota Tebingtinggi dr Henny Astuti.

FEATURE

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , , , ,

Related For Pemko Tebingtinggi Kejar Target, Akhir Desember 2021 Seluruh Masyarakat Sudah Divaksin dan Tetap Patuhi Prokes COVID-19