Polres Gelar Rapat Koordinasi, Kejar Target Pencapaian Vaksinasi dan Penurinan Level PPKM 3 ke 2

Jumat, September 24th 2021. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 295 Kali

Kapolres Tebingtinggi AKBP Agus Sugiyarso SIK, Wali Kota H Umar Zunaidi Hasibuan MM dan KasdimMayor Inf Toto Trianto saat menyampaikan program penanganan COVID-19 dan pelaksanaan vaksinasi

TEBINGTINGGI (MS) – Polres Tebingtinggi menggelar rapat koordinasi dalam rangka pencapaian target guna percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayah hukum Polres Tebingtinggi, Kamis (23/9/2021) di Aula Kamtibmas Polres Tebingtinggi.

Rakor dipimpin langsung Kapolres AKBP Agus Sugiyarso SIK dan dihadiri Wali Kota Tebingtinggi, Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan,MM, PJU Polres Tebingtinggi, para Kapolsek, Dandim 0204/DS diwakilkan Kasdim Mayor Inf. Toto Trianto, Plt. Kadis Kesehatan Tebingtinggi, Dr. Henny, Kadis Kominfo Dedi Siagian, Kepala BPBD Tebingtinggi Wahid Sitorus, Muhammad Hatta, Tata Pemerintahan Tebingtinggi, para Camat se – Kota Tebingtinggi dan para Camat Kab. Sedang Bedagai wilayah hukum Polres Tebingtinggi (Kec. Tebingtinggi, T.Syahbandar, Sipispis, Dolok Merawan, Bandar Khalifah).

Kapolres menyebutkan, vaksinasi untuk Polres sebanyak 2000 setiap minggu dari Poldasu. Oleh sebab itu, untuk penyalurannya dilakukan vaksinasi disetiap Polsek dan difokuskan untuk Kota Tebingtinggi. Namun untuk Polsek yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sergai akan diadakan koordinasi dengan Kabupaten Serdang Bedagai, jelas AKBP Agus Sugiyarso, SIK melalui Kasubag Humas Polres Tebingtinggi, Iptu Agus Arianto.

Melalui berbagai program vaksinasi yang dilakukan Polres Tebingtinggi diharapkan bisa menurunkan status Kota Tebingtinggi level PPKM dari level 3 ke level 2. Selain itu, harus ada kerjasama antar instansi terkait yang menangani masalah COVID -19.

Menurut Kapolres, ada tiga hal yang perlu ditekan yakni percepatan vaksinasi, 3 T (testing, tracing, treatment) harus dilaksanakan dan penerapan prokes 5 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

AKBP Agus Sugiyarso menekankan bahwa harus selalu mempedomani Inmendagri sebagai dasar untuk melaksanakan tugas di lapangan. “Kita sudah ditegur Pak Kapolda Sumut terkait warung makan yang tutup melewati batas waktu yang ditentukan dan kesadaran masyarakat untuk memakai masker,” imbuhnya.

Kapolres, Wali Kota, Kasdim diabadikan bersama – sama dengan para peserta rapat koordinasi

Dalam kesempatan itu, Kapolres menyampaikan terima kasih kepada Dinkes Tebingtinggi dan Dinkes Sergai yang tidak pernah putus melakukan koordonasi dalam penanganan virus corona dan pelaksanaan vaksinasi, sehingga nantinya diharapkan akhir Desember 2021, seluruh warga di wilayah hukum Polres Tebingtinggi sudah mendapat vaksinasi.

“Untuk pencapaian target vaksinasi, ke depan kita akan mengadakan vaksinasi di tempat-tempat keramaian lainnya, misalnya pasar dan pusat perbelanjaan. Untuk anev dilaksanakan karena pelaksanaan vaksinasi belum mencapai 50% dan ke depan bisa ditingkatkan lagi,” ketus Agus.

Sementara itu Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, menyatakan harus bisa mencapai 50% vaksinasi agar kita dapat menurunkan level dari level 3 ke level 2.

“Adapun alasan kenapa kita tidak bisa mencapai 50% dikarenakan keterbatasan dosis yang ada di Tebingtinggi. Kami juga mengharapkan bantuan dari Polres Tebingtinggi dan Kodim 0204 DS untuk dosis vaksin di wilayah Tebingtinggi dan target dipertengahan Oktober 2021,” papar Walikota.

Menurut Wali Kota, animo masyarakat menurun saat ketersediaan vaksin sudah mencukupi. Masyarakat hanya mau divaksin dengan vaksin coronavac. Pemerintah Kota juga akan melakukan upaya vaksinasi bagi anak sekolah berusia 12 tahun sudah divaksin mulai 1 oktober 2021 ini.

Dikatakannya, akan diadakan vaksinasi ditingkat kelurahan mulai bulan Oktober 2021 ini. Selain itu pemerintah akan mengadakan vaksinasi di pasar – pasar di Kota Tebingtinggi.

“Saat ini ada 20 tim vaksinator di Pemko Tebingtinggi dan sudah bekerja dengan maksimal. Kemungkinan bulan Desember akan ada peningkatan penderita COVID- 19 dan oleh sebab itu kita harus mengantisipasi hal tersebut,” kata Umar Zunaidi.

Harapannya ke depan, angka kematian yang sudah terjadi karena COVID-19 tidak akan terjadi lagi. Untuk tracing harus benar – benar dilaksanakan kepada masyarakat dan diperlukan keaktifan para camat, babinsa dan bhabinkamtibmas.

Sebutnya, apabila isoman tidak efektif bisa juga dilakukan isoter. Sementara untuk sekolah vaksinasi dilakukan secara bergelombang. Dan pelaku usaha warung-warung telah dilakukan kelonggaran sampai pukul 22.00 WIB dan diperlukan kerjasama antar kedua belah pihak antara pelaku usaha dan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0204/DS yang diwakilkan Kasdim Mayor Inf. Toto Trianto mengharapkan kerjasama dengan Kapolres Tebingtinggi agar setiap kegiatan dilibatkan juga dari Kodim pada saat penjemputan vaksin.

Posko COVID-19, sebut Kasdim supaya ditingkat desa tetap meningkatkan Prokes COVID-19 oleh personil di lapangan dan penerapan 5M dan 3 T harus tetap dilaksanakan.

“Pada saat operasi yustisi agar pengunjung juga dilakukan pemeriksaan dan kita harus lebih tegas lagi pada saat di lapangan. Mengenai tim vaksinator dari Kodim sangat terbatas dan Kodim terus berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat,” ucap Kasdim Mayor Inf. Toto Trianto.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Polres Gelar Rapat Koordinasi, Kejar Target Pencapaian Vaksinasi dan Penurinan Level PPKM 3 ke 2