Sejak 2009 – 2019, Pemko Tebingtinggi Kucurkan Penyertaan Modal PDAM Tirta Bulian Rp 58 Miliar Lebih

Rabu, Juni 10th 2020. | POLITIK, RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 522 Kali

Wakil Walikota saat menyampaikan nota jawaban kepada pimpinam DPRD Tebingtinggi

TEBINGTINGGI (MS) – Ternyata ada sebesar Rp 58.266.442.291 yang dikucurkan anggaran untuk alokasi penyertaan modal PDAM Tirta Bulian Kota Tebingtinggi dalam kurun waktu tahun 2009 sampai 2019.

Hal ini dapat dilihat dari nota jawaban Walikota atas pandangan umum fraksi fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD anggaran Tahun 2019, pada sidang paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Selasa (9/6).

Sebelumnya, Fraksi Nurani Kebangsaan DPRD Kota Tebingtinggi mempertanyakan dan mengkritisi laporan keuangan PDAM Tirta Bulian tahun 2020 dan penyertaan modal yang diberikan pada tahun – tahun sebelumnya, mulai tahun 2009 sampai 2020, tidak pernah melaporkannya ke Pemko Tebingtinggi.

Dalam jawaban walikota yang disampaikan wakil Walikota Oki Doni Siregar disebutkan, pada tahun 2009 sampai 2019 ada dialokasikan penyertaan modal untuk PDAM Tirta Bulian sebesar Rp 58 miliar lebih. Namun, untuk tahun 2020 belum ada, apa lagi yang dibahas adalah anggaran tahun 2019.

Penyertaan modal yang dialokasikan sebesar Rp 58 miliar itu, ke PDAM Tirta Bulian menjadi bahan perbincangan di tengah – tengah masyarakat Kota Tebingtinggi. Pasalnya, sampai saat ini kondisi PDAM Tirta Bulian dalam kondisi ‘sakit’ dan aouput belum bisa dirasakan masyarakat.

Menyikapi penyertaan modal tersebut, Mimbar Sumut, Rabu (10/6) mencoba menelusuri berapa setiap tahunnya penyertaan modal yang dialokasikan ke PDAM Tirta Bulian Kota Tebingtinggi hingga tahun 2019 dan apa saja hasil dari penyertaan modal tersebut.

Kepala PDAM Tirta Bulian Khoiruddin saat dikonfirmasi di ruangannya, juga bingung dan kurang mengetahui berapa anggaran penyertaan modal yang dialokasikan ke PDAM Tirta Bulian setiap tahunnya dan anggaran penyertaan modal tersebut bersumber dari mana.

Demikian Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah (BPK.PAD) Kota Tebingtinggi Jeffri Sembiring yang dihubungi tidak berhasil.

Sebagai informasi, penyertaan modal dikucurkan ke PDAM Tirta Bulian Kota Tebingtinggi mulai tahun 2009 – 2019, salah satu Kepala PDAM Tirta Bulian yang menjabat paling lama saat itu adalah Oki Doni Siregar yang saat ini menjadi wakil Walikota Tebingtinggi.

Laporan : napit

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Sejak 2009 – 2019, Pemko Tebingtinggi Kucurkan Penyertaan Modal PDAM Tirta Bulian Rp 58 Miliar Lebih