FKUB Toba Gelar Dialog Antar Umat Beragama

Usai dialog, para pengurus FKUB Toba diabadikan bersama – sama

TOBASA (MS) – FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kab. Toba mengadakan dialog antar umat beragama di aula Kantor Kec. Pintupohan Meranti, Jumat (09/04/2021).

Ketua FKUB Kab. Toba A.S Pangaribuan BA dalam paparannya mengatakan bahwa FKUB didirikan bertujuan untuk membantu tugas – tugas Pemerintah Daerah dan Negara dalam hal membangkitkan serta memelihara kerukunan umat beragama sebagaimana yang ditetapkan dalam SKB 2 Menteri yakni Menteri agama dan Menteri Dalam Negeri.

Adapun devinisi kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi oleh toleransi, saling pengertian, saling menghormati dan saling menghargai.

Menghargai kesetaran dalam pengamalan agamanya masing masing sesuai dengan kepercayaannya, dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara didalam bingkai NKRI berdasarkan UUD 45 dan Pancasila, ujar Pangaribuan.

Mewakili Kakan Kemenag Kab. Toba Horas Simanjuntak (Ka. KUA Kec.Pintupohan Meranti) sebagai pelopor kerukunan umat beragama, kita sudah rukun ditengah tengah kemajemukan ini, kami sangat senang dengan antusiasme para tokoh tokoh agama untuk hadir dalam acara dialog yang digagas FKUB.

Ia berharap kerukunan yang sudah baik ini akan semakin baik ke depannya dan Kemenag Kab. Toba mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada FKUB atas terselenggaranya kegiatan dialog.

Dialog kerukunan antar umat beragama ini berlangsung sangat khidmat dan kondusif, dimana masing masing peserta sangat antusias menyampaikan pendapat dan argumen beserta pengalamannya masing – masing dalam hal toleransi kerukunan umat beragama dalam kehidupan sehari hari.

Dimana salah satu peserta dialog yang mewakili umat Kristen, Pdt. Nurmawati Br Dolok saribu (HKBP Resort Pintupohan) mengatakan dialog ini sangat positif, karena dapat memperkuat silaturahmi antar umat beragama, dan berharap dialog seperti ini tdk hanya sampai disini, akan tetapi terus dilakukan agar ke depan kerukunan antar umat beragama semakin kuat dan mengakar, sehingga pengaruh pengaruh negatif dari luar yang datang ke daerah ini bisa disikapi dengan bijak dan dapat ditanggulangi bersama sama antar umat beragama.

Kegiatan atau acara dialog kerukunan umat beragama ini dibuka dan ditutup secara resmi Camat Pintupohan Meranti Gibson Sinaga, dimana dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan FKUB.

Diharapkannya, ke depan dalam dialog yang sama agar FKUB juga mengikut sertakan atau mengundang perwakilan dari aliran kepercayaan.

Seharusnya kegiatan ini dibuka langsung Bupati, akan tetapi karena tugas yng mendesak dan penting akhirnya Bupati menugaskan saya untuk mewakilinya, ujar Gibson.

Bertindak selaku moderator Pdt. Oloan Sitorus, MT.h, dan Ir.Imran Napitupulu.
Tampak hafir dalam kegiatan unsur pimpinan Kecamatan Pintupohan Meranti, Babinsa, Babin Kamtibmas, Kepala Desa se – Kec. Pintupohan Meranti, tokoh masyarakat, Rohaniawan Protestan dan Katolik, Rohaniawan Islam, penyuluh agama dan tamu undangan lainnya.

Laporan : Irwansyah Marpauang

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed