Menkumham RI Yasona Resmikan Tugu Peringatan Gempa dan Tugu Durian

Sabtu, Desember 8th 2018. | Kepulauan Nias, UMUM | Dibaca 492 Kali

NIAS (MS) – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (MENKUMHAM) Republik Indonesia, Yasona H Laoly, meresmikan Tugu Peringatan Gempa dan Tugu Durian di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menkumham bersama Walikota Ir Lakhomizaro Zebua di Taman Ya’ahowu,Kamis (6/12).

Tugu Peringatan Gempa dibangun di depan lapangan Merdeka yang Lokasinya sangat strategis, berada di persimpangan Jalan Gomo, Jalan Sirao dan Jalan Yos Sudarso.

Sementara Tugu Durian dibangun di Taman Ya’ahowu Gunungsitoli. Kedua Tugu tersebut dibangun oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui anggaran APBD Tahun 2018.

Yasona Laoli pada sambutannya mengatakan bahwa Tugu Peringatan Gempa mengingatkan masyarakat akan peristiwa gempa bumi yang terjadi pada 28 Maret 2005 yang lalu.

Menteri memberi apresiasi terhadap Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah membangun tugu Peringatan gempa dan tugu durian. Menurutnya, pembangunan tugu di suatu daerah sangat penting untuk menjadi ikon daerah. “Pembangunan tugu durian sangat penting, durian Nias sangat enak dan tidak kalah dengan durian Musang King dari Malaysia yang terkenal enak,” katanya.

Masyarakat Nias diajak membudidayakan durian, dan tidak lagi memotong pohon durian untuk kebutuhan kayu, dan lebih baik membudidayakan kayu Simalambuo untuk kebutuhan kayu, ajak Menteri.

Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua menjelaskan bahwa berdirinya tugu durian menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kota Gunungsitoli memajukan pembangunan di sektor kepariwisataan.

Durian Nias salah satu kebanggaan kita di Kepulauan Nias. “Sekarang kita sudah bangun Tugu Durian dengan harapan agar masyarakat termotifasi untuk tidak melanjutkan lagi menebang pohon durian, karena durian salah satu ikon di kepulauan Nias. Kita akan menarik wisatawan untuk mau berkunjung ke Kota Gunungsitoli, sebab di sini akan semakin banyak opsi tujuan wisata yang kita tawarkan dan menarik,” jelasnya.

Setelah melakukan penandatanganan prasasti Tugu Peringatan Gempa dan Tugu Durian, Menkumham bersama rombongan mencicipi durian yang sudah disediakan panitia, dilanjutkan foto bersama serta mengujungi dan melihat Tugu Peringatan Gempa di Depan lapangan Merdeka.

Hadir pada acara peresmian tugu tersebut, Walikota Lakhomizaro Zebua, Wakil Walikota Sowa’a Laoli, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Mery Donna Pasaribu, Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Futin Laoli, Ketua DPD HIMNI Sumatera Utara Turunan B. Gulo dan Sejumlah Pejabat Pemko Gunungsitoli dan undangan.- (SM)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Menkumham RI Yasona Resmikan Tugu Peringatan Gempa dan Tugu Durian