Kiat Cleora Beauty Hadapi Persaingan Industri Skincare Lokal

JAKARTA (mimbarsumut.com) – Produk kecantikan lokal di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap perawatan kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya Cleora Beauty, brand lokal asal Indonesia telah menempuh perjalanan yang luar biasa hingga kini dan memberikan berbagai produk perawatan yang berkualitas membuatnya menjadi sorotan di media sosial dan diakui oleh para beauty enthusiast, seperti disampaikan oleh Owner brand Cleora, Rocky Pramana pada awak media, Jumat (21/6/2024).

Rocky Pramana memulai perjalanan Cleora Beauty pada Maret 2020 dengan visi yang jelas, yaitu menciptakan produk kecantikan berbahan alami, diproduksi secara berkelanjutan dan dikemas dalam kemasan ramah lingkungan. Memulai bisnis di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah, namun Rocky dan timnya menunjukkan keberanian dan ketekunan yang luar biasa.

Bermula dari produk unggulan mereka, Exclusive Jelly Booster (EJB) produk eksfoliasi yang sukses menarik perhatian pasar dan mendapat repons positif dari konsumen Cleora Beauty, kini Cleora Beauty berinovasi dengan memperkenalkan berbagai produk perawatan kulit seperti body serum dan acne serum. Kesuksesan ini menandai langkah besar dalam misi Cleora Beauty untuk menciptakan keberlanjutan dan keaslian dalam industri kecantikan.

Inspirasi di balik Cleora Beauty datang dari sosok-sosok besar seperti Steve Jobs, Jack Ma, serta pebisnis lokal seperti Chairul Tanjung dan Sandiaga Uno. Kisah sukses mereka memberikan dorongan kuat bagi owner Cleora Beauty untuk mengejar tujuan keberlanjutan dan keaslian dalam industri kecantikan. Melalui strategi pemasaran yang cerdas, seperti penggunaan Meta Ads untuk membangun kesadaran merek, Cleora Beauty berhasil menarik perhatian di tengah hiruk pikuk pasar kecantikan.

Cleora Beauty memulai pemasaran dengan memanfaatkan kekuatan platform digital untuk membangun kesadaran merek. Mereka juga bekerja sama dengan KOL dan influencer, serta showcase platform iBooming untuk matchmaking produk dengan kreator secara masif, cepat dan tepat sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Cleora Beauty mengimplementasikan program afiliasi dan menjual produk melalui berbagai marketplace dan seller center TikTok, menjalin kemitraan dengan individu dan entitas yang memiliki akses langsung ke konsumen potensial.

Brand lokal Cleora Beauty memiliki fokus yang jelas pada generasi Z hingga milenial, terutama wanita muda berusia 20 hingga 35 tahun. Produk dan kampanye pemasaran Cleora dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi generasi tersebut yang menginginkan kecantikan berkelanjutan dan autentik. Mereka tidak hanya menawarkan produk eksfoliasi yang unggul, tetapi juga terus menghadirkan inovasi terbaru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Mengelola tim dan tetap mengikuti tren pasar merupakan tantangan utama bagi Rocky Pramana sebagai owner brand Cleora. Namun, dengan komunikasi terbuka dan pengembangan keterampilan tim, serta riset pasar untuk memahami tren, Cleora Beauty berhasil mengatasi tantangan-tantangan ini dengan efektif.

“Cleora Beauty berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan fokus pada penelitian yang mendalam dan responsif dari feedback konsumen, kami memastikan setiap produk yang dirilis diterima dengan baik oleh pasar,” kata Rocky.

Dalam menghadapi tren dan perubahan preferensi konsumen, Cleora Beauty tidak hanya memanfaatkan media sosial, tetapi juga mengikuti perkembangan terbaru dalam digital marketing dan tren teknologi. Oleh sebab itu, mereka memastikan strategi pemasaran mereka selalu relevan dan kompetitif melalui pendekatan yang fleksibel, menyesuaikan produk dan strategi pemasaran sesuai dinamika pasar yang terus berubah.

Pencapaian terbaik yang telah diraih Cleora Beauty adalah penjualan 2 juta produk andalan mereka, 3 Minutes Exfoliating Gel. Prestasi ini menandai kesuksesan strategi pemasaran dan penjualan Cleora, serta menunjukkan kepercayaan konsumen pada kualitas produk mereka.

“Kami berharap Cleora Beauty terus berkembang dan berinovasi, dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM dan penjualan. Melalui semangat ini, Cleora Beauty bertekad untuk bersaing di skala global,” kata Rocky.

Laporan : Muhammad Fadhli

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed