HUT Korpri Ke-52 Di Simalungun, 30 PNS Terima Penghargaan

SIMALUNGUN (mimbarsumut.com) – Pemkab Simalungun menggelar HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023, dipusatkan di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Simalungun, Sumut, Rabu 29 November 2023.

Gelar HUT Korpri tersebut ditandai dengan pelaksanaan apel pagi gabungan yang diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkab Simalungun.

Bertindak sebagai Pembina apel Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga pimpinan apel Kepala Bapperrida Ronald Tambun.

Dalam kesempatan tersebut Bupati membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh.

Bupati menyampaikan, momentum ulang tahun ke-52, marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya mengapreasiasi dan terimakasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta para ASN dan seluruh keluarga besar Korpri,”kata Bupati.

Disampaikan Bupati, saat ini dunia sudah digerakkan oleh AL (Artificial Inteleigence), IOT (Internet Of Thing), Big data, sistem dan algoritma pemrograman, coding, mampu verivikasi biometrik sehingga kita tidak bisa lagi menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama.

“Saya minta Korpri mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045,”pinta Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan semua negara maju sudah menerapkan sistem meritokrasi dalam birokrasi. Untuk itu diminta kepada pengurus Korpri dapat menerapkan meritokrasi dalam birokrasi.

Meritokrasi ini bertujuan untuk merekrut ASN secara profesional, mengembangkan kompetensi ASN, kepastian karir ASN, perlindungan Karis ASN, pengelolaan ASN yang efektif dan efisien, serta penghargaan untuk memotivasi ASN.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa, tahun 2024 akan berlangsung Pemilihan Presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan 38 Gubernur/Wakil gubernur dan 514 Bupati/Wakil dan Walikota/Wakil.

“Saya percaya bahwa Korpri sudah berkali-kali menghadapi pemilihan ini, sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan negara, Pancasila dan UUD 1945,”kata Bupati.

Berikutnya disampaikan bahwa, saat ini pemerintah sedang mendesain sistem penggajian dengan model single salary sistem dan sistem pensiun yang lebih mensejahterakan. “Kesejahteraan ini harus diiringi oleh kinerja ASN yang lebih optimal,”kata Bupati.

Program utama Korpri saat ini mencakup peningkatan kualitas pelayanan publik, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum dan peningkatan kesejahteraan, dan program ini diharapkan membawa dampak positif pada masyarakat.

“Untuk itu, saya mengajak pengurus Korpri agar turut berperan serta secara aktif dalam menangani masalah inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah dan perkawinan anak-anak,”ujar Bupati.

Pada HUT Korpri ini juga dilakukan pelantikan pengurus Dewan Pengurus Korpri Unit Kabupaten Simalungun 2023-2028 oleh Ketua Korpri Simalungun Esron Sinaga.

Kemudian pemberian penghargaan tanda penghormatan Satya Lencana Karya Satya kepada 30 PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus selama 10, 20 dan 30 Tahun.

Lalu, penyerahan penghargaan kepada ASN terbaik Tahun 2023,  kecamatan terbaik Tahun 2023, pelayanan publik terbaik tingkat perangkat daerah, penilaian kebersihan dan keindahan kantor serta pekarangan kantor, lomba Peraturan Baris Berbaris tingkat perangkat daerah.

Di lokasi HUT Korpri tersebut juga di gelar pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kegiatan donor darah dari PMI dan layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan. Acara diakhiri dengan pemotongan kue ulang tahun Ke-52 Korpri.

Laporan : anton garingging

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed