Warga Rambutan Berjubel di BRI Tebingtinggi Terima BPNT

Senin, November 26th 2018. | RAGAM, Tebingtinggi | Dibaca 679 Kali

Keterangan gambar : masyarakat berjubel di kantor BRI Cabang Jalan Sudirman untuk mendapatkan KKS BPNT berupa kartu kombo dan tabungan. ( Foto MS / Npt)

TEBINGTINGGI (MS) – Sebanyak 826 Kepala Keluarga (KK) yang tercatat sebagai penerima beras sejahtera (Rastra) di Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI yang di bagikan oleh pihak Bank BRI Cabang Sudirman Kota Tebingtinggi.

Pembagian kartu KKS BPNT ini dilaksanakan di aula Dinas Sosial Jalan Gunung Lauser Kota Tebingtinggi, Senin (26/11) dihadiri ratusan warga se Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi.

Warga yang sudah melakukan regristrasi pembukaan buku rekening oleh pihak Bank BRI langsung menerima buku tabungan dan kartu KKS merah putih (kartu kombo) seperti ATM tetapi tidak bisa diuangkan yang di dalamnya terdapat uang senilai Rp 110.000 perbulan dan hanya bisa dibelanjakan ke E Warong Kube Jasa yang sudah dibentuk di Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi.

Masyarakat yang berbelanja ke E Warong langsung memberikan kartu kombo tersebut dan pihak pengelola langsung menggesekan ke mesin EDC milik Bank BRI dan masyarakat miskin menerima beras 10 Kg untuk jenis beras medium A dan telur ayam sebanyak 7 butir.

Pendampingan BPNT untuk Kecamatan Rambutan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan  (TKSK) Kota Tebingtinggi  Muhammad Sopian mengatakan bahwa program ini sebelumnya disebut Rastra (Beras Sejahtera) tetapi untuk memudahkan dan tepat sasaran kepada warga miskin yang berada di Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi, program Rastra berubah menjadi program BPNT dan mulai pada bulan November 2018.

Untuk Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi pendistribusian kartu kombo KKS  hampir mencapai 80 persen, warga yang sudah menerima langsung berbelanja ke tiga E Warong yang ada di Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi seperti E Warong Abadi Sejahtera di Jalan Bukit Bundar Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan melayani warga penerima KKS untuk Kelurahan Lalang, Mekar Sentosa, Rantau Laban dan Kelurahan Tanjung Marulak Hilir.

Sedangkan untuk E Warong Maju Bersama melayani Kelurahan Tanjung Marulak dan Kelurahan Sri Padang dan E Warong Jaya hanya melayani masyarakat untuk Kelurahan Karya Jaya. Sedangkan E Warong juga melayani masyarakat penerima BPNT untuk Program Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya juga mencapai ribuan penerima.

Untuk Kecamatan Rambutan Kelurahan Lalang tercatat jumlah penerima KKS BPNT sebanyak 159 KPM, Kelurahan Mekar Sentosa sebanyak 79 KPM, Rantau Laban sebanyak 56 KPM, Tanjung Marulak Hilir sebanyak 87 KPM, Tanjung Marulak sebanyak 114, Sri Padang sebanyak 124 dan Kelurahan Karya Jaya sebanyak 207 KPM.

Salah seorang penerima KKS BPNT, Umi Kalsum warga Kelurahan Karya Jaya mengaku sangat terbantu dengan adanya program BPNT tersebut, dirinya mengakui bisa mendapatkan uang Rp 110.000 perbulan yang dibelanjakan di E Warong bisa mendapatkan beras seberat 10 Kg dan telur sebanyak 7 butir. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan pangan terhadap warga miskin,”jelasnya.

Sedangkan pengurus E Warong Kube Jasa Abadi Sejahtera, Nurmala mengaku dengan adanya program BPNT dari pemerintah ini sangat membantu warga miskin. Untuk ketersediaan bahan pangan pokok beras, pihak E Warong melakukan kerja sama dengan pihak Bulog untuk memberikan ketersediaan beras kepada warga yang berbelanja. (Npt)

Print Friendly, PDF & Email
Please follow,Share and Like us :
tags: , ,

Related For Warga Rambutan Berjubel di BRI Tebingtinggi Terima BPNT